Deteksi Kanker Serviks Gratis di 33 Puskesmas Jakarta Diperpanjang

Share on :
img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Salah satu cara mendeteksi kanker serviks lebih dini adalah melalui teknik IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat). Kini program Bulan Cegah Kanker Serviks yang melayani pemeriksaan IVA gratis diperpanjang hingga 20 Januari 2012.

Sebelumnya Bulan Cegah Kanker Serviks yang menyediakan deteksi dini kanker serviks melalui metode IVA dilaksanakan hingga 15 Januari 2012. Namun karena tingginya animo dari masyarakat, maka program ini diperpanjang hingga 20 Januari 2012.

"Sejak diluncurkan tanggal 20 Desember lalu, target pemeriksaan 6000 perempuan hampir terpenuhi. Tapi apresiasi masyarakat terhadap program ini sangat baik, sehingga banyak permintaan dari puskesmas dan penyedia layanan kesehatan lain untuk memperpanjang program ini," ujar Dr Laila Nuranna, SpOG(K), ketua panita BCKS, seperti dikutip dari rilis yang diterima detikHealth, Selasa (17/1/2012).

Dr Laila menuturkan sampai saat ini telah menemukan 60 kasus lesi pra kanker dan 13 kasus curiga kanker serviks. Temuan lain yang cukup menarik adalah ibu-ibu yang menolak IVA dikarenakan tidak yakin dengan hasilnya.

"Karena itu edukasi ke masyarakat menjadi hal yang penting dan harus terus menerus dilakukan," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dr Dien Emawati, MKes menyambut baik perpanjangan periode ini. Hal ini memungkinkan lebih banyak lagi perempuan untuk mendapatkan kesempatakn memeriksakan diri.

Metode IVA terbukti baik, cost effective, biaya terjangkau, bisa dilakukan di daerah-daerah secara luas karena hanya memerlukan peralatan sederhana, serta bisa dilakukan oleh dokter umum, bidan bahkan perawat yang sudah terlatih.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya atau gratis dan berlangsung mulai dari jam 08.00-12.00. Berikut daftar puskesmas, klinik YKI dan rumah sakit yang menyediakan layanan IVA gratis:

Jakarta Pusat
PKC Gambir
PKC Johar baru
PKC Senen
PKL Harapan Mulia
PKL Tanah Tinggi
PKL Kemayoran
PKL Serdang
PKL Utan Panjang
PKL Kebon kosong
YKI Pusat
BKIA Bd Kemuliaan Petasan
RS Budi kemuliaan Petojo

Jakarta Timur
PKC Duren Sawit
PkC Jatinegara
PkC Matraman
PKC Pulogadung
PKL Pondok Kelapa
PKL Cipinang muara
PKC Kramat Jati

Jakarta Utara
PKC Koja
PKC Pademangan
PKC Tanjung priok
PKL pademangan Barat 1
YKI DKI Sunter

Jakarta Selatan
PKC Cilandak
PKC Jagakarsa
PKC Setiabudi
YKI Lebak Bulus
RS Budi Kemuliaan Dempo
RS Budi Kemuliaan Guntur

Jakarta Barat
PKC Kembangan
PKC Cengkareng
RS Budi Kemuliaan Grogol
RS Budi Kemuliaan Pekojan

*PKC = Puskesmas Kecamatan
*PKL = Puskesmas Kelurahan

0 komentar on Deteksi Kanker Serviks Gratis di 33 Puskesmas Jakarta Diperpanjang :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Followers

Categories

Recent Comment