Mengapa Orang Sering Berbohong

Share on :
Mengapa orang sering berbohong, penyebab orang berbohong dan alasan orang berbohong untuk menutupi kesalahannya. Berbohong bukannya dosa, kenapa sering terjadi..? Berikut ini beberapa alasan orang berbohong:


Seringkali kita bertemu dan merasakan sebuah kebohongan dalam percakapan dengan lawan bicara kita, atau ketika seseorang memberikan sebuah alasan dari apa yang kerjakan.

Memang sudah dapat dikatakan bahwa hampir setiap orang pernah berbohong. Apakah itu sebuah kebohongan besar atau hanya sifatnya bermain-main saja.

Lalu mengapa orang sering berbohong dan kepada siapa ia akan berbohong?
Sebuah survey yang dilakukan pada beberapa orang dari sebuah penelitian menyimpulkan kenapa dalam sebuah percakapan seseorang berkata bohong:

  1. Berbohong untuk menyembunyikan sesuatu: Dapat kita lihat contoh dari kasus ini adalah; seorang anak tidak akan berkata sebenarnya pada orang tuanya bahwa ia akan pergi berkencan dengan seorang gadis atau seorang gadis dengan teman prianya. Sebab ia merasakan bahwa orang tuanya tidak suka dengan pilihannya itu. Akibatnya ketika ia mau keluar rumah ia akan mengatakan akan pergi main ke rumah teman-temannya.
  2. Membarikan Alasan yang salah: Disebabkan tidak ingin melakukan sesuatu maka tindakan berbohong terpaksa ia lakukan. Contoh kasus ini adalah; ketika ada seseorang diundang untuk menghadiri sebuah acara pesta maka ia akan memberikan berbagai alasan untuk tidak bisa hadir, karena ia tidak suka dengan acara tersebut.
  3. Berbohong untuk menyenangkan orang lain: Seringkali karena agar tidak menyakiti hati dan perasaan seseorang maka kita akan berbohong untuk membuat ia senang. Misalnya; ketika seorang teman menyajikan masakan hasil olahannya sendiri, maka kita terpaksa memberikan statmen bahwa rasa masakannya enak serta pujian lainnya dengan maksud menyenagkannya. Padahal rasa masakan tersebut jauh sekali dari rasa yang enak.
  4. Berbohong untuk menyembunyikan kabar buruk: Ketika mendapatkan berita atau kabar buruk dan kita harus memberitahukan pada seorang yang ada sangkut pautnya dengan kabar tersebut, maka terkadang kita tidak tega menyatakannya secara terus terang untuk menghindari sesuatu hal.
Nah, kita sudah mengetahuinya dan mungkin anda juga sudah mengerti apa yang saya maksud di sini. Semua orang sering berbohong untuk menutupi suatu kesalahn atau kebenaran, tergantu bagaimana sekarang kita menyikapinya. Terima kasih atas kunjungannya. Salam Bang Dayat

0 komentar on Mengapa Orang Sering Berbohong :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Followers

Categories

Recent Comment